Sejarah Bulu Tangkis Di Indonesia Dan Dunia Yang Harus Diketahui. Berasal Dari Negara Mana

Bulu tangkis yaitu salah satu cabang olahraga populer yang masuk ke dalam Olimpiade. Tapi, sudahkah kau tahu bagaimana sejarah bulu tangkis?

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang disegani di dunia Internasional karena kerap meraih jawara.

Bulu tangkis - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Malah Indonesia pun kerap berkompetisi ketat dengan negara-negara besar seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea dalam merebut jawara Internasional.

Tidak heran seandainya di Tanah Air, olahraga ini benar-benar digemari pelbagai kalangan dan melahirkan banyak pemain bulu tangkis Indonesia berprestasi.

Berkeinginan tahu bagaimana perkembangan sejarah bulu tangkis di dunia dan di Indonesia? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Sejarah Bulu Tangkis di Dunia
Akar sejarah bulu tangkis di dunia bisa dilacak dari peradaban Mesir sekitar 2.000 tahun lalu, tapi juga bisa diselidiki pada kebudayaan India dan Tiongkok.

Di Tiongkok, ada permainan yang disebut dengan nama jianzi, yaitu permainan yang menerapkan kok tanpa raket.

Tidak menerapkan bantuan alat atau pun tangan, kok hal yang demikian dimainkan menerapkan kaki.

Tujuannya sangatlah sederhana, yaitu menjaga kok supaya tidak menyentuh tanah dan tidak boleh menerapkan tangan.

Sesudah itu, di Inggris zaman pertengahan pun permainan serupa mulai berkembang di kalangan anak-anak; permainan hal yang demikian diberi nama battledores atau shuttlecock.

Pada zaman itu, permainan Slot Gacor Maxwin hal yang demikian dimainkan dengan alat tolong berupa dayung atau tongkat dan para pemain bersiasat bersama untuk menjaga kok konsisten berada di udara.

Dari sejarahnya sendiri, sejarah bulu tangkis berasal dari negara India pada abad ke-19 dan dikenal dengan nama poona.

Lalu para tentara Kerajaan Inggris yang menjajah India membawa permainan hal yang demikian ke Inggris pada sekitar tahun 1850an.

Nama badminton berasal dari sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penjual mainan Inggris, yang berjudul “Badminton Battledore – a new game”.

Penyebutan hal yang demikian didapat setelah permainan hal yang demikian digelar di Badminton House milik Duke de Beaufort di Gloucestershire, Inggris.

Semenjak ketika itu, permainan olahraga badminton menerima tren yang besar dan mengalami perkembangan yang pesat.

Pada tanggal 5 Juli 1934, didirikan International Badminton Federation (IBF) yang kemudian melebur dengan Badminton World Federation (BWF).

Sejarah Singkat Bulu Tangkis di Indonesia
Sejarah bulu tangkis di Indonesia sendiri berawal sejak tahun 1930an, dibawa pada masa penjajahan Belanda.

Sebelumnya, Inggris telah memberi tahu lebih-lebih dulu olahraga hal yang demikian di beberapa negara jajahannya, yaitu Malaysia dan Singapura.

Pada tahun 1933, berdirilah organisasi bulu tangkis pertama Indonesia di Jakarta yang diberi nama Bataviase Badminton Bond dan Bataviase Badminton League.

Keduanya pun bergabung dan menyusun organisasi bulu tangkis di Indonesia.
Pada tahun 1934, sejumlah kejuaraan bulu tangkis mulai diselenggarakan di Pulau Jawa, beberapa besar berkonsentrasi di Kota Bandung.

Olahraga bulu tangkis kemudian berkembang pesat di Indonesia, hingga kesudahannya Persatuan Bulu Tangkis Segala Indonesia (PBSI) dirikan pada tanggal 5 Mei 1953 di Bandung.

Sesudah PBSI terwujud, kemudian diadakan kongres untuk membahas aturan dan arah bulu tangkis Indonesia.

Olahraga bulu tangkis Indonesia pun terus berkembang pesat hingga kerap menjuarai pelbagai persaingan internasional.