Sejarah PB Djarum, Klub Bulu Tangkis Indonesia

Untuk olahraga bulu tangkis / badminton Indonesia memiliki banyak sekali nama-nama pemain yang hebat dan sangat membanggakan. Dan banyak dari mereka yang merupakan anak didik dari PB Djarum, Klub Bulu Tangkis Indonesia.

PB Djarum yang bergerak dalam bidang olaharaga bulu tangkis sendiri adalah miliki PT Djarum perusahaan rokok Indonesia. Budi Hartono adalah CEO dari PT Djarum ini, Ia dan karyawan PT Djarum memiliki kegemaran yang sama yaitu bermain bulu tangkis / badminton.

Sejak tahun 1969, Budi Hartono membuka jalan Bitingan Lama No. 35 – Kudus. Tempat ini dibuka untuk karyawan sebagai tempat berlatih bulutangkis di bawah nama komunitas Kudus pada setiap sore hari.

Sejarah PB Djarum

PB Djarum, Harumkan Bulutangkis Indonesia

Sudah banyak atlet jebolan audisi umum PB Djarum yang mengharumkan nama Indonesia. Jebolan terbaik audisi umum PB Djarum sejauh ini adalah Kevin Sanjaya, yang saat ini berpasangan dengan Marcus Gideon di nomor ganda putra.

PB Djarum rutin menyumbang atlet yang mengharumkan nama bangsa. Dalam berbagai kajuaraan Olimpiade pemain bulu tangkis dari PB Djarum menjadi lawan yang sangat ditakuti banyak atlet lainnya.

Selain Olimpiade, atlet asal PB Djarum juga berprestasi ajang paling bergengsi All England. Beberapa nama yang sukses juara lebih dari satu kali adalah Liem Swie King, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Haryanto Arbi, Rudy Gunawan, hingga Kevin Sanjaya.

PB Djarum Bulutangkis Indonesia

PB Djarum pernah gilang-gemilang ketika Indonesia merebut Piala Thomas pada 1984 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kala itu, dari delapan pemain, tujuh di antaranya berasal dari PB Djarum yaitu Liem Swie King, Hastomo Arbi, Hadiyanto, Kartono, Heryanto, Christian Hadinata, dan Hadibowo.

Dalam kariri pendidikan, PB Djarum sendiri juga tetap menghimbau agar seluruh atletnya tetap mementingkan prestasi dan keberhasilan pada ranah pendidikan. Membagi kegiatan antara latihan bulu tangkis dengan sekolah, memang bukan tugas yang mudah bagi para atlet PB Djarum.

Audisi umum PB Djarum merupakan salah satu ajang pencarian bibit-bibit muda atlet badminton terbesar di Indonesia. Dimulai pada 2006, audisi umum ini digelar setiap tahun hingga 2019 ini.

Untuk Bacaan Lainnya, Jangan Lewatkan : Ganda Campuran Praveen Dan Melati Sukses Juara All England Open 2020